Jumat, 01 November 2013

Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013

"Pentingnya Multimedia Pembelajaran Berbasis ICT "
Sebagai guru kita harus selalu meningkatkan kompetensi. Sebab dengan kompetensi yang tinggi membuat kita semakin percaya diri dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran, menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran aktif, kreatif, menyenangkan dan bermakna dapat kita ciptakan di hadapan siswa. 

A.    Prinsip pengembangan kurikulum 2013 ada tiga yaitu :
1.     Kurikulum bukan hanya merupakan sekumpulan daftar mata pelajaran karena mata pelajaran hanya merupakan sumber materi pembelajaran untuk mencapai kompetensi.
2.  Kurikulum didasarkan pada standar kompetensi lulusan yang ditetapkan untuk satu satuan pendidikan, jenjang pendidikan, dan program pendidikan. Sesuai dengan kebijakan Pemerintah mengenai Wajib Belajar 12 Tahun maka Standar Kompetensi Lulusan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum adalah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik setelah mengikuti proses pendidikan selama 12 tahun.
3.     Kurikulum didasarkan pada model kurikulum berbasis kompetensi. Model kurikulum berbasis kompetensi ditandai oleh pengembangan kompetensi berupa sikap, pengetahuan, ketrampilan berpikir, ketrampilan psikomotorik yang dikemas dalam berbagai mata pelajaran.

B.   Pentingnya multimedia pembelajaran berbasis komputer. Karena multimedia pembelajaran tersebut kita dapat :

1.   Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.
2.   Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll.
3.    Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuhmanusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll.
4.      Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dll.
5.   Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
6.      Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
7.      Siswa dapat melihat sendiri bukti-bukti dari apa yang kita katakan.

C.    Beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam membuat multimedia pembelajaran interaktif :

1.  Komputer yang berfungsi untuk mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar serta berinteraksi dengan user
2.      Link, yang menghubungkan user dengan informasi yang ada dalam program multimedia
3.      Alat navigasi, yang berguna u8ntuk memandu user dalam menjelajah informasi
4.      Ruang untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan gagasan user 

D.    Multimedia pembelajaran mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.   Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
2.  Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
3.      Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain. 

E.    Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya juga memenuhi fungsi sebagai berikut:
1.      Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
2.    Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
3.      Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan. 

"Menjadi guru janganlah hanya puas dengan pengetahuan yang kita miliki sekarang saja, namun kita harus selalu meng-update pengetahuan kita setiap saat dengan belajar"

By. Apih tea


Tidak ada komentar:

Posting Komentar